Special Notes

Cantiknya Green Canyon Indonesia inii !

Dari judulnya, udah ketauan lah yaa .. kemana kali ini ceritanya. Yup, Green Canyon Pangandaran, Indonesia. Indonesiah looh, aseli cakep banget prens ahaha :D. Belum-belum udah komen duluan. Jadi, sebenernya belum pengen kemana-mana setelah dari Yogya kemarin. Kalo ditung-itung emang belum 3 bulan, soalnya jatah jalan itu per 3 bulan sekali. Tapi rasanya tengah tahun gini, urusan kerjaan udah bikin bosen and stress banget. Agak klise juga yah, tapi untuk kesekian kalinya, saya berhasil ngomporin beberapa temen kantor untuk away from Jekardah .. hidup kompor *\(^0^)/* yeaay!.

Selalu judulnya nyari liburan murmer tapi worth enough, alias ga mau rugi. Ala-ala hukum ekonomi gitu, pengeluaran sedikit untuk dapet manfaat yang banyak hahaha :D. Memanfaatkan kepenatan tadi, saya coba komporin beberapa temen kantor lagi untuk cari tempat yang asik buat ngilangin kebosenan. Kali ini memang no preparation alias dadakan. Ngobrol-ngobrol sama Cha-cha, eh kepikiran aja pengen ke Green Canyon. Sebenernya saya udah dari tahun lalu pengen ke sana, tapi belum ada temen yang mau diajak ngeteng alias ngirit. Kebanyakan malah suka ikut open trip gituh. Sedangkan Cha-cha, keseringan ngeliat salah satu postingan customer yang udah ke situ, jadi mupenglah dia. Next, saya juga ngomporin Uci dan Ika yang lagi bosyen sama kerjaannya dan ternyata mereka oke-oke aja. Nongkoronglah kami di Food Garden Kemang sambil ngebut searching-searching info Green Canyon, akses dan biayanya. Sempet sibuk juga nyobain telpon satu per satu nomer handphone orang-orang yang direkomendasiin bisa ngebantu dari beberapa blog-blog. Dapatlah kami satu nomer kontak orang yang cukup dipercaya dari website resmi wisata Pangandaran dan rekomendasi beberapa blog serta komenan orang-orang seputar Green Canyon, namanya Kang Gani (085223733575).  Setelah sempet telpon Kang Gani sebentar dan nyoba nanya patokan-patokan yang jelas, besoknya – Jumat malem kami langsung berangkat.

Jumat malem kami start dari kantor, habis magrib sekamir jam 18:30 WIB, naik bajaj ke arah Blok M. Dari Blok M sempet bingung milih bus yang mana, pastinya ke arah Terminal Kp. Rambutan. Lalu lewatlah kopaja 57 dan kami naik saja. Hasilnya kami kejebak macet, karena salah pilih jalur. Kopaja 57 lewat Tendean, which is itu macet banget karena penyempitan jalan dan pembangunan flyover baru. Sekamir 3 jam-an kami kejebak macet dari Kemang sampe ke Terminal Kp. Rambutan, sampe kelaperan dan enek ngisep asep kendaraan. 3 jam men udah kaya Jakarta – Bandung lewat Padalarang, hahay. Sampe di Terminal Kp. Rambutan incerannya bukannya bus, tapi rumah makan padang .. ahaha :D. Kami makan dulu lah akhirnya karena kelaperan sangat, lalu gantian untuk sholat. Selesai makan sekamir jam 21:30 WIB, kami bayar tiket peron Rp.1000,-/orang untuk langsung masuk terminal. Menurut info-info searching by web kemarin, ada dua alternatif buat ke Pangandaran. Pertama, pilih bus langsung dari Kp. Rambutan – Pangandaran atau Kedua, pilih bus dari Kp. Rambutan ke Banjar lalu sambung lagi ke arah Pangandaran. Biayanya kalau dihitung-hitung hampir sama cuma beda sekamir Rp.10.000,-. Tanya-tanya  di dalam terminal dan menurut info pedagang dan beberapa kondektur, bus yang langsung ke Pangandaran jam segitu sudah ngga ada. Terakhir tadi sekamir jam 21:00 WIB kurang. Karena juga ngejar waktu yang takut tambah malam, kami putuskan naik bus Budiman aja jurusan Kp. Rambutan – Banjar.

Tarif per orangnya dikenakan Rp.90.000,- dan perjalanannya kurang lebih sekamir 8-9 jam. Normal perjalanan harusnya sekamir 7 jam-an, mungkin karena high session antrian kendaraan lumayan panjang  disepanjang jalan yang satu arah. Busnya lumayan nyaman, abang supirnya juga okeh banget. Maksudnya, bawa busnya ngga yang ugal-ugalan, satu orang dapat satu bantal, lampu dimatikan ditambah abangnya nyalain lagu-lagu mellow pengantar tidur, tambah deh nyaman bikin ngantuk. Bangun-bangun kami berhenti sekali di sebuah rumah makan disekamiran Garut kalo ngga salah, lalu lanjut jalan lagi. Sampai di Terminal Banjar sekamir jam 05:30 WIB, kami turun dan mampir dulu ke toilet. Lalu langsung cari lagi bus seperti kopaja ke arah Pangandaran.

Bus arah Pangandaran lumayan banyak dan ngga nunggu terlalu lama. Perjalanan Terminal Banjar – Pangandaran sekamir 2 jam dan tarif per orang sekamir Rp.25.000,-. Selama perjalanan 2 jam itu, kami habiskan untuk lanjut tidur lagi. Jalanan sepanjang ke arah Pangandaran, ngga terlalu smooth alias agak rusak-rusak gitu tapi ngga sampe parah banget rusaknya. Kami sudah pesan ke Bapak Kondektur untuk turun di Pangandaran arah Green Canyon, menurut info ini ngga sampe ke Terminal Bis Pangandarannya. Selang beberapa waktu, kami diinfokan sudah sampai dan kami turun di sebuah perempatan lumayan besar. Mengingat perut belum diisi lagi sepagian ini dan kami sudah lemas, kami mampir makan di sebuah rumah makan. Menunya makanan rumahan biasa, harganya relatif murah dan rasanya enak. Mungkin efek lapeer kali yaa .. haha :D.

Setelah kenyang, kami tanya ke seorang tukang becak ke arah Green Canyon atau Cukang Taneuh. Bapak itu menginformasikan bahwa kami perlu berjalan ke arah terminal kecil, tidak jelas nama terminalnya. Letaknya tidak jauh dari rumah makan tadi. Kami cari angkutan umum seperti mikrolet gitu yang ke arah Cijulang tempat basecampnya Kang Gani, contact person yang tadi saya dapat. Di sana sudah ramai calo-calo yang menawarkan harga angkutan atau mikrolet ke arah Green Canyon. Kami dibandrol Rp.250.000,- sudah pulang pergi, kami pun setuju. Perjalanan kurang lebih satu jam, kami sampai di basecamp. Ternyata Kang Gani tadi adalah salah satu penyelenggara adventurer untuk segala bentuk aktivitas adventure yang ada di Green Canyon, namanya Janggala Adventure. Kalo di search di google langsung ketemu kok .. hehe :D. Di sana sendiri ada sekamir 4 agent atau penyelenggara. Setelah satu jam jalan tadi sampailah kami di basecampnya Kang Gani. Kami disambut dengan hangat sekali oleh team Janggala, lalu kami dipersilahkan ganti baju untuk persiapan body rafting. Setelah all set, kami naik mobil bak terbuka dengan peralatan sudah lengkap. Kaya foto di atas :D.

Dari basecamp Janggala ke tempat start body rafting sekamir setengah jam dan dilanjutkan jalan sebentar ke arah bawah aliran sungai. Sampai di pinggiran tepi sungai aja kami udah seneng banget loh liat pemandangannya yang yahuut abis .. hahaha 😀 .. dream come true meen!!. Kami melakukan stretching dulu sebelum lanjut nyemplung. Kami didampingi dua orang guide, yang satu bagian dokumentasi alias potoh dan yang satu lagi adalah mentor dan keeper kami selama body rafting 5 jam ke depan. Selesai stretching, salah satu dari kami diminta nyemplung duluan. Karena udah kepengen dan penasaran, akhirnya sayalah yang jadi first jumper (bahasanya Divergent banget :D).  Wooow .. airnya dingin-dingin sejuk menyenangkan gitu. Sempet ngeri juga kalo tiba-tiba ada hewan apa gitu muncul dari bawah air, hahaha .. efek kebanyakan nonton felm. Akhirnya semua udah nyebur, berenang-renanglah kami dengan petunjuk Mas guidenya (lupa nama). Karena jalur sungainya beragam, ada jeramnya, ada tenangnya, kami beberapa kali diminta buat formasi barisan untuk memudahkan melewati jeram-jeram atau jalur yang banyak batunya. Kaya gini nih formasinya .. cekidot :D.

Beberapa kali juga kami harus keluar dari air dan jalan menyusuri batu-batu di pinggir agar bisa lanjut ke arus berikutnya. Karena terlalu bahaya kalo diteruskan dengan berenang terutama buat pemula kaya kami. Di beberapa tempat juga ada air gemericik kaya ujan dari atas bukit sana, jadi tambah indah deh pokoknya. Belum lagi ada cahaya matahari yang nembus pohon-pohon dan air sungai, jadi tambah keliatan ijo gitu airnya. Oh ya, ada juga sekamir 2 atau 3 batu yang tingginya sekamir 5-10 meter, yang emang dipakai buat tolakan lompatan terjun ke bawah sungai. Sayangnya dari kami ngga ada yang berani, jadi lanjut aja ngambang dan berenang-renang ria. Ini aja kami udah seneng .. liat deh happy banget. Eh cie yang liburaan :D.

Trek yang cukup panjang dan lama, bikin kami lama-lama dari aktif berenang sampe akhirnya pasrah aja kebawa arus sungai .. haha :D. Guide kami yang ngeliat kami udah ngga semangat gitu, lalu ngajak nepi dulu di pertengahan jalur body rafting. Sempet bingung juga, tapi ternyata ditengah-tengah sungai tadi ada ibu-ibu yang jualan pop mie dan makanan lhoo. Wah ini sih emang khas Indonesia banget, fasilitas makanan tersedia dimana ajah, termasuk di tengah-tengah sungai haha. Kami pun menepi dan memesan dua pop mie dan sepiring gorengan dan beberapa gelas teh anget manis. Rasanya nikmat ya emang kalo laper hihi. Setelah perut keganjel sedikit, kami pun mulai berenang lagi, naik-naik batu lalu lonjat (tapi ini ngga terlalu tinggi), nyobain duduk dan tiduran di beberapa jeram juga. Menuju ke akhir jalur sungai, kami menyusuri bongkahan batu-batu besar yang licin dan bertutup kapur gitu karena gerusan air dari atas bukit yang jatuh ke bawah. Nah, di spot itu juga ada banyak banget alias ratusan ribu koloni hewan seperti laba-laba air yang tinggal di bebatuan tadi dan di situ jadi agak bau ya karena kotoran hewan laba-laba air tadi. Eh tapi aman kok, mereka ngga bakal gigit ataupun nyengat. Spot di antara bebatuan ini juga jadi unik, karena sinar matahari yang mengenai tetesan-tetesan air di sela batu-batu membentuk jadi semacam bias cahaya pelangi di sepanjang jalur. Subhanallah bagus teman.

Mengarah ke ujung sungai lagi, kami naik ke atas bebatuan yang lebih tinggi batas antara jalur body rafting dan perahu wisata nelayan. Kami berhenti disitu untuk nunggu jemput giliran perahu ke arah dermaga kecil untuk balik ke masing-masing basecamp. Berhubung perahunya penuh terus dan kami ga keangkut-angkut, akhirnya kami bikin formasi lagi dan ditarik oleh guide dengan berenang manual ke arah dermaga kecil tadi. Sampai disitu kami dijemput oleh perahu untuk balik ke basecamp Janggala. Bedanya tadi saat berangkat kami naik mobil bak lewat jalur darat, sedangkan baliknya kami naik perahu nelayan lewat jalur sungai pas di belakang basecamp. Sampai di situ kami langsung bebersih, mandi dan bersiap-siap untuk pulang. Sebelum pulang ternyata team Janggala udah nyiapin makan lho (ini include dalam paket body rafting long treck). Enak juga lho rasanya, mungkin untuk kesekian kalinya ini efek laper hahaha :D.

Setelah semua piring bersih, kami pun pamitan pada team Janggala. Sebelum perpisahan kita foto bersama dulu dong ya. Lalu kami pun menelpon Bapak sopir angkutan umum yang tadi mengantar kami. Angkutan tersebut mengangkut kami sampai pool bis Budiman. Kami pun menunggu sekitar 2 jam hingga busnya tiba dan ready berangkat to Jekardah Again sekitar habis magrib. Sampai di Jakarta mungkin sekitar dini hari jam 02:00 WIB. Baiklaaah … seperti postingan sebelumnya, berikut informasi itinerary waktu dan biaya yang bisa temen-teman pakai untuk jadi acuan ya. Walaupun latepost, but don’t worry all information is up to date ya guys.

Hari / Tanggal Waktu Durasi Tujuan / Nama Tempat Biaya
16:00 – 18:00 2 jam Menunggu di Pool Bis Budiman
18:30 – 02:00 8 jam Pangandaran – Kp. Rambutan Rp.90.000,-
Total Rp.484.000,-

Biaya yang tercantum di atas belum termasuk jajanan, cemilan dan makan ya. Masalah itu bisa disesuaikan sesuai budget masing-masing. Semoga bermanfaat dan jangan takut coba-coba. Di balik percobaan dan kenekatan pasti ada pengalaman berharga .. tsaah :D. Selamat merencanakan jalan-jalan kalian yang berikutnya.

In term search : #Backpackeran #Pangandaran #Cijulang #CukangTaneuh #GreenCanyon